Sekretaris Perusahaan

Eko Wijaya
Corporate Secretary
 
Sekretaris perusahaan dijabat oleh Eko Wijaya sejak 01 November 2021. Beliau ditunjuk berdasarkan SK Direksi No. 032/MSKY-OJK/XI/2021 dan telah dilaporkan kepada Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
 
Warga Negara Indonesia, lahir di Pontianak pada tahun 1991. Beliau memperoleh gelar Sarjana Hukum di Universitas Tarumanagara pada tahun 2014.
 
Bergabung di PT. Digital Vision Nusantara pada tahun 2017 sebagai Legal Manager yang kemudian menjadi bagian dari grup usaha MNC Group pada tahun 2019. Sejak tahun 2021 turut berperan sebagai Legal di beberapa unit bisnis MNC Group dan kemudian terakhir pada November 2021 ditunjuk sebagai Corporate Secretary Perseroan. 
 
Sebelumnya beliau pernah menjabat sebagai Corporate & Commercial Legal Assistant Manager di PT Matahari Putra Prima Tbk (2014-2017).

 

Tugas dan Tanggung Jawab Sekretaris Perusahaan

Sekretaris Perusahaan juga bertugas membantu Direksi dan Dewan Komisaris dalam pelaksanaan tata kelola perusahaan yang meliputi:

  • Menyiapkan penyelenggaraan RUPS;
  • Mengkoordinasikan dan menghadiri rapat Direksi dan rapat gabungan antara Dewan Komisaris dan Direksi;
  • Mempersiapkan undangan, jadwal, agenda, materi dan menyusun risalah rapat;
  • Mengelola kegiatan investor, menjaga hubungan antara Perseroan dan pelaku pasar modal, otoritas pasar modal, dan Bursa Efek Indonesia;
  • Mengelola dan menyimpan dokumen yang terkait dengan kegiatan Perseroan meliputi dokumen risalah rapat Direksi, risalah rapat gabungan antara Direksi dengan Komisaris, Daftar Pemegang Saham, Daftar Khusus Perusahaan dan dokumen-dokumen Perseroan yang penting lainnya;
  • Melaporkan informasi aksi korporasi kepada Bapepam LK dan BEI;
  • Memastikan bahwa informasi kepada semua pemangku kepentingan tersedia secara tepat waktu, akurat, dan bertanggung jawab;
  • Mengikuti perkembangan di pasar modal serta menyediakan informasi yang relevan dan terbaru bagi Direksi, bekerjasama dengan departemen legal;
  • Menyusun Prosedur Operasional Standar (Standard Operating Procedures/SOP) tugas-tugas Sekretaris
  • Perusahaan termasuk SOP untuk tugas-tugas protokoler, pelaksanaan acara korporasi, dan pengelolaan situs web Perseroan;
  • Memberikan masukan dan laporan kepada Direksi dan Komisaris atas hasil analisis perkembangan peraturan perundang-undangan tersebut; Memastikan bahwa Perseroan telah memenuhi ketentuan penyampaian informasi sesuai peraturan perundang-undangan;
  • Melaporkan pelaksanaan tugasnya secara berkala maupun sewaktu-waktu bila dibutuhkan oleh Direksi;
  • Memastikan pelaporan elektronik (e-Reporting) dilaksanakan tepat waktu dan akurat;
  • Memastikan bahwa Laporan Tahunan Perseroan (Annual Report) telah mencantumkan penerapan GCG di lingkungan Perseroan.

Sedangkan tugas dan tanggung jawab Sekretaris Perusahaan dalam hubungan dengan pihak eksternal diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mewakili Perseroan dalam berkomunikasi dengan pihak lain yang memiliki kepentingan terhadap Perseroan;
  • Menentukan kriteria mengenai jenis dan materi informasi yang dapat disampaikan kepada pemangku kepentingan, termasuk informasi yang dapat disampaikan sebagai informasi publik; Memberikan pelayanan kepada pemangku kepentingan atas setiap informasi relevan yang dibutuhkan;
  • Merencanakan dan melaksanakan kegiatan Perseroan yang melibatkan pihak eksternal yang bertujuan untuk membentuk citra Perseroan;
  • Memelihara dan memutakhirkan informasi tentang Perseroan yang disampaikan kepada pemangku kepentingan, baik dalam situs, buletin, atau media informasi lainnya.