LEBIH DEKAT DENGAN FIBA (FÉDÉRATION INTERNATIONALE DE BASKETBALL)

SPORTS
  • 334
  • Selasa 15 November 2022 17:24

FIBA bagi penggemar basket sudah tidak asing lagi apa itu FIBA? Tetapi mungkin masih banyak yang belom tahu. Bola basket olahraga yang sudah cukup dikenal di Indonesia dan dunia. Bola basket ini mudah untuk dipahami untuk mengalahkan lawan tim cukup dengan mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan.

Tidak hanya sepak bola yang memiliki induk organisasi tingkat internasional basket juga mempunyai induk organisasi. Induk organisasi internasional atau federasi dari basket adalah FIBA. FiBA sendiri diambil dari akronim Bahasa Perancis yaitu Fédération Internationale de Basketball. Tidak hanya dunia negara kita juga mempunyai induk organisasi bola basket di indonesia yaitu PERBASI.

Mari kita kenal lebih dekat dengan FIBA!

FIBA resmi berdiri pada 18 Juni 1932 di jenewa, Swiss. Mengutip laman FIBA, kemunculan organisasi ini sendiri sekitar 2 tahun setelah Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang mengakui keberadaan olahraga bola basket.

Saat itu, terdapat 8 negara pendiri yang menjadi anggota pertama FIBA diantaranya Argentina, Cekoslowakia, Latvia, Portugal, Rumania, Yunani, Italia, dan Swiss.

Sementara itu, James Naismith sebagai penemu permainan bola basket, kemudian diangkat sebagai Presiden Kehormatan oleh FIBA. Peristiwa ini sendiri terjadi bersamaan dengan diselenggarakannya Olimpiade Musim Panas 1936 di Berlin.

Pada saat kemunculan FIBA, organisasi tersebut hanya menyelenggarakan dua kejuaraan dunia yaitu Piala Dunia Bola Basket FIBA yang berlangsung sejak tahun 1950, dan Piala Dunia Bola Basket Wanita FIBA sejak tahun 1953 kejuaraan tersebut sampai saat ini masih berlangsung.

Kesamaannya dengan Piala Dunia sepakbola, yaitu FIBA juga di selenggarakan setiap 4 tahun sekali secara bergantian dengan Olimpiade. Markas besar FIBA sendiri pernah berpindah lokasi ke Munich pada tahun 1956.

Lalu, markas ini dikembalikan lagi ke Jenewa pada tahun 2002. Pada 18 Juni 2013, bertepatan dengan diadakannya HUT FIBA ke-81, diresmikan pula House of Basketball di Mies, sebuah daerah di pinggiran Jenewa yang menandai momentum bersejarah serta tonggak penting kehidupan badan pengatur bola basket dunia.

Di sana, terdapat sebuah area Seluas 1.000 meter persegi bernama The Naismith Arena yang kemudian didedikasikan bagi para pecinta basket.

Sekarang kalian sudah lebih kenal dengan FIBA, untuk sekarang FIBA sedang berjalan di tahap Asian Qualifiers

Kalian bisa nonton seluruh pertandingan FIBA di MNC Sports hanya di MNC Vision.

Kamu bisa nonton Kapan Pun Di Mana Pun melalui Vision+! Segera unduh aplikasi Vision+ di Google Play Store atau App Store di sini serta kunjungi www.visionplus.id. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Vision+, silakan mengikuti akun media sosial resmi Vision+ di @visionplusid (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok).

Masih mau pakai yang KW?

Nonton channel-channel MNC Group yang ORI dengan Kualitas HD, MNC Vision jawabannya!

Berlangganan Sekarang!

WhatsApp Interaktif 24 Jam: wa.me/6289532150068

 (021) 21 500 900

 bit.ly/langgananMNCVISION

MNC Vision Pay TV Keluarga Indonesia!

Sumber : gramedia.com