7 Tips Mengatasi Ngantuk Saat Puasa

LIFESTYLE
  • 1639
  • Selasa 27 April 2021 13:28
7 Tips Mengatasi Ngantuk Saat Puasa
Saat menjalankan ibadah puasa, kebanyakan orang biasanya merasa ngantuk saat beraktivitas. Hal tersebut membuat seseorang menghabiskan waktu puasa untuk bermalas-malasan. Karena itu, sayang jika bulan suci penuh berkah ini dilewatkan hanya dengan bermalas-masalan tanpa melakukan aktivitas apapun.

Mengatasi Ngantuk saat Puasa dengan Tips Ini!

Lantas, apa yang harus dilakukan Keluarga Vision? Bagaimana cara mengatasi ngantuk saat puasa? Berikut 7 tips mengatasi ngantuk saat puasa:
 

1. Atur Pola Tidur

Atur Pola Tidur
Gambar: Dok. Freepik
 
Saat bulan Ramadan, sahur membuat kebanyakan orang yang berpuasa memiliki pola tidur yang berubah. Karena itu, Keluarga Vision bisa mencegahnya dengan memastikan kalau kamu memiliki jam tidur yang berkualitas di malam hari. Tidurlah lebih cepat jika tidak ada keperluan mendesak, agar kamu merasa segar ketika beraktivitas di pagi hari.
 

2. Mandi dengan Air Dingin

Mandi dengan air dingin
 
Sebelum beraktivitas, kamu sebaiknya mandi dengan air dingin agar tubuh terasa lebih segar. Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan sistem sirkulasi darah dan membuat darah bisa mengalir lebih cepat ke seluruh tubuh, sehingga kamu lebih semangat beraktivitas.
 

3. Beribadah

Beribadah dengan membaca Al Quran
Gambar: Dok. Freepik
 
Beribadah bisa kamu jadikan salah satu cara untuk mengatasi ngantuk saat berpuasa. Segera berwudhu agar mata terasa lebih segar, setelah itu Keluarga Vision bisa melanjutkan shalat sunnah atau wajib kemudian lanjutkan dengan tadarus Al Quran. Selain dapat mengurangi rasa kantuk, kamu juga bisa lebih mendekatkan diri kepada Yang Maha Esa.
 

4. Movie Marathon

Movie-Marathon
Gambar: Dok; Pixabay
 
Saat berpuasa, Keluarga Vision pasti mengalami penurunan energi di siang hari. Kamu bisa mengusir rasa kantuk dengan menonton tayangan-tayangan seru di MNC Vision, seperti:

1. The Amazing Spider-Man

Siapa yang tak kenal Peter Parker? Seorang remaja yang terus menerus mencari jati dirinya. Bersama dengan kekasihnya, Gwen Stacy, Peter juga berusaha mencari sekaligus menemukan identitas dirinya di tengah persoalan asmara. Selain itu, Peter juga berusaha untuk memecahkan rahasia yang disimpan oleh mendiang ayahnya. Penasaran, bagaimana cerita selengkapnya? Saksikan The Amazing Spider-man di channel Fox Action Movie (HD: Ch. 411 & SD: Ch. 16).

2. The Amazing Spider-Man 2

Peter kembali beraksi memerangi kejahatan di Manhattan. Sahabat kecilnya, Harry Osborn, mulai mencoba hal-hal yang berbahaya dan memiliki keinginan untuk menyerang Spider-man. Saksikan The Amazing Spider-man 2 di Fox Action Movie (HD: Ch. 411 & SD: Ch. 16).

3. Little Woman

Jo March merenungkan kehidupannya bolak-balik, menceritakan kisah tercinta dari para suster March -- empat wanita muda, masing-masing bertekad untuk menjalani hidup dengan caranya sendiri. Ikuti jalan kisah mereka di Fox Movie (HD: Ch. 409 & SD: Ch. 14).

4. Nanny McPhee and the Big Bang 

Nanny McPhee datang untuk membantu seorang ibu muda yang mencoba menjalankan bisnisnya pertanian keluarga saat suaminya pergi berperang, meskipun dia menggunakan sihirnya untuk itu mengajari anak-anak wanita itu dan dua sepupu manja mereka lima pelajaran baru. Saksikan Nanny McPhee and the Big Bang hanya di Fox Family Movie (HD: Ch. 410 & SD: Ch. 15).
 
Semua tayangan bisa kamu dapatkan dan nikmati dengan berlangganan MNC Vision dan menambah Paket Add On mulai dari Rp 39.000,-.
 

5. Olahraga

Berolahraga
Gambar: Dok. Freepik
 
Berpuasa tidak bisa dijadikan alasan kita tidak berolahraga. Untuk menyegarkan tubuh sebelum beraktivitas, ada baiknya jika Keluarga Vision melakukan sedikit olahraga ringan di pagi hari selama 30 menit seperti, peregangan atau jalan santai.
 
Keluarga Vision bisa lebih bersemangat dalam melakukan olahraga dengan mengikuti metode latihan yang bisa disaksikan di Workout Class, setiap hari jam 07.30 WIB di channel Lifestyle & Fashion (Ch. 90). Kamu bisa menikmati tayangan ini dengan berlangganan Vision Starter, Vision Family, atau Vision Lite di MNC Vision.
 
Paket-MNC-Vision-Terbaru
 
Pay TV Keluarga Indonesia, MNC Vision memberikan pilihan paket dengan harga terjangkau bahkan kamu bisa mendapatkan promo-promo menarik untuk pelanggan baru, mulai promo pembayaran hingga promo untuk add on channel. Paket-paket yang ditawarkan diantaranya, Vision Family, Vision Starter, dan paket terbaru saat ini adalah Vision Lite. Ke-3 paket ini, harganya sangat ramah di kantong.
 

6. Menghirup Udara Segar Sejenak

Menghirup Udara Segar Sejenak
Gambar: Dok. Freepik
 
Ketika berpuasa, pasti kita mengalami sedikit dehidrasi. Ketika dehidrasi, tubuh akan kekurangan oksigen sehingga akan mengantuk. Luangkan sedikit waktu untuk menghirup sebanyak-banyaknya oksigen agar aliran darah ke otak terpenuhi dan kamu lebih siap beraktivitas.
 

7. Power Nap

Power-Nap
Gambar: Dok. Freepik
 
Salah satu cara untuk mengatasi ngantuk saat berpuasa, yaitu melakukan power nap. Power nap adalah tidur singkat yang berdurasi 10-20 menit. Dengan meluangkan sedikit waktu untuk melakukan power nap dapat membantu kita terlihat lebih segar dan lebih siap beraktivitas kembali.
 
Itu dia 7 tips mengatasi ngantuk saat puasa! Yuk, semangat puasanya Keluarga Vision, jalankan ibadahmu agar mendapat berkah, Selamat Berpuasa Keluarga Vision!
 
CTA New-Sales MNC-Vision